Jumat, 13 Juni 2014

Mahavihara Buddhamanggala: Candi Tersembunyi di Balikpapan



Tersembunyi bukan karena letaknya di belantara hutan atau di atas bukit yang sukar didaki.
Tersembunyi karena belum banyak orang yang tahu, termasuk saya yang mengaku-aku cinta Balikpapan.
:(

Candi modern yang 'katanya' terbesar di Indonesia ini, berada di Jl. MT Haryono Batu Ampar. Di sebuah jalan kecil tak jauh dari rumah sakit umum. Sebagian dari puncak candi yang dilapisi emas itu bisa dilihat dari tepi jalan jika kita jeli memperhatikannya.


 Ketika saya dan Sahabat Pusba tiba di kompleks candi ini, matahari bersinar terik. Maklum sudah tengah hari. Tapi, panasnya tidak menyurutkan kami untuk mengekplorasi tempat itu. Tidak juga membunuh hasrat untuk mengabadikan momen berharga ini. cailah... hahahha...

Sayangnya, kami tidak didampingi pemandu yang bisa kami tanya-tanyai mengenai ini dan itu. Kami bahkan baru diberitahu jika bagian belakang candi bisa dimasuki setelah kami pamit pulang pada pak penjaga kompleks rumah ibadah ini. Tapi, untuk kunjungan pertama yang berdurasi singkat, cukuplah menikmatinya dulu. Tinggal menunggu kesempatan di lain waktu.


Di kompleks ini pula terdapat Sleeping Buddha, patung berurukan besar yang juga dilapisi emas. 
Saat kami berkunjung, jadwal ibadah sedang kosong, jadi kami leluasa untuk mengabadikannya. Lagipula jika ada jadwal ibadah, kami tidak bakalan diperbolehkan mengunjungi tempat ini. Logis sih, ini kan memang bukan tempat wisata murni, seperti pantai manggar misalnya. FYI, masuk kompleks ini gratis loh, tapi jika berkenan, silahkan memasukkan bantuan ke kotak amal. Kan bisa digunakan untuk biaya perawatan tempat ini.


Btw, ketika foto-foto kami diposting di akun-akun jejaring sosial, ada aja orang yang percaya loh kalau kami sedang berlibur ke Bangkok, sampai minta oleh-oleh segala. hahaha...

-catatan jalan-jalan-
May Day 2014

2 komentar:

  1. Wow ada sleeping budha... Gedhe bingiiiit...

    BalasHapus
  2. klo dilihat dari dekat lebih wow lagi loh :-)

    BalasHapus