Minggu, 21 Juli 2013

Sepatu (kembali) Baru




Rasanya sedih banget ngeliat sepatu favorit yang lama tak terpakai bernasib naas seperti itu. Kulitnya yang cantik bernoda dan mengelupas di sana sini. Mau dibuang, masih sayang. Kecuali permukaannya, sepatu itu masih dalam kondisi baru. 

Jadilah saya memutar otak, mencari cara untuk menyelamatkan sepatu kesayangan saya. Meskipun sudah mencari-cari tukang sepatu yang bisa membungkus sepatu tapi belum ketemu juga. Tangan saya yang sudah gatal ingin me-make over si pinky ini biar terlihat layak dipakai, akhirnya menemukan cara.

Saya tidak tahu apakah cara ini akan membuat sepatu saya terlihat lebih baik atau lebih buruk. Tapi, dengan sebuah keyakinan (bukankah sebuah usaha harus dengan keyakinan penuh? :D), akhirnya saya mencobanya. 

Beberapa hari yang lalu saya pergi ke toko yang menjual perlengkapan menjahit. Saya ingin membeli glitter yang akan menjadi pembungkus sepatu saya. Mengapa glitter? Saya memilihnya karena tinggal menempelkannya. Saya tidak tahu bagaimana caranya membungkus sepatu dengan kain, pasti memerlukan keahlian tersendiri.

Sayangnya, perkiraan saya lumayan meleset. Kata mas-mas yang menjaga toko, menempelkan glitter tidaklah menggunakan lem UHU tapi menggunakan lem lilin. Bentuknya panjang seperti sedotan transparan. Biasanya digunakan sebagai 'peluru' untuk lem tembak. Meskipun saya belum pernah menggunakan lem itu sebelumnya, tapi saya membelinya juga. NEKAT memang :D


Setibanya di rumah, saya langsung membersihkan permukaan sepatu. Ternyata kulitnya menjadi serbuk. Setelah permukaannya terkelupas, saya membersihkannya dengan sikat sepatu sehingga tidak ada lagi kotoran yang menempel.

Bagian yang tersulit adalah menempelkan glitter. Lem lilin yang dipanaskan di api (saya menggunakan lilin), setelah agak mencair dioleskan di permukaan sepatu. Mengolesnya hanya sekali, berbentuk memanjang ke kanan atau ke bawah. Cara mengoles yang seperti itu tidaklah merata, sehingga hasil olesan lem dan penempelan glitter terlihat berantakan. Berita bagusnya: permukaan sepatu seperti berulir kasar. Kalau dari jauh tidak terlihat berantakannya kekekkekeke...

Ini dia hasilnya



Lumayan enak dilihat kan ya???? kekekkee ;p


Sayangnya, saya baru dapat tips menempelkan glitter yang benar setelah tulisan ini saya ketik. Jika ada yang ingin mencoba bisa meng-klik link ini.


Selamat Berkarya ^^

15 komentar:

  1. Wah, dapat tipsnya setelah melakukan percobaan ya :D

    BalasHapus
  2. waa... ka fitri kreatif... sepatunya jadi cantik lagi.. :)

    btw, heel nya brp centi tuh mbk?? tinggi amat kayaknya ya?? :D

    BalasHapus
  3. hahahahha... iya nih eqi, udh kadung nempel tuh si glitter tp klo masih bisa dibongkar ntar aku pake cara baru soalnya lebih cantik dan rapi :D

    BalasHapus
  4. hihihi... sayang sepatunya makanya nyari cara penyelamatannya, no... hehhhe... ga tinggi banget kok, no... cuman 9cm :D

    BalasHapus
  5. iya, nat... jadi bisa dipake lagi :D

    BalasHapus
  6. Mbak kok link nya gak bisa ku buka ya. Aq penasaran banget nih banyak sepatu aku yg mengelupas kulitnya sayang banget . Yang bener pake lem apa mbak ? Pke akun suami ini ntar dkira cwok.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake lem fox aja, mbak... nanti glitternya dicampur langsung dilem itu... klo udah kering, lembya ga akan terlihat

      moga sukses ya mbak... maaf baru buka ini blognya :D

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Mba, klo buat tas bisa gak ya? Jenisnya sama apa beda?

    BalasHapus
  9. Gunakan lem fox ya, mbak... Campur glitter dan lem fox (dicampur air dikit aja, jangan sampe encer, nanti gliternya jarang2 klo udah kering). Sapukan ke permukaan tas. Kalo sdah kering di kasih hairspray ato pilox yg bening ya, mbak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat gliternya, bebas kn mba? Apa ada yg khusus gitu.? *Tekstur

      Hapus
    2. Iya, Mbak... :)

      tp saya lebih senang yg halus. pernah beli yg agak kasar tp krn dibungkus, ga bisa dipegang hehhehehe

      Hapus
    3. Itu dia, membedakannya susah mba. Intinya pke lem FOX bisa kn? Gk msti lem tas ato sepatu

      Hapus
    4. iyah.. maaafkan baru membalas ya mbak :)

      Hapus