Selasa, 10 Desember 2019

OBROLAN SANTAI EMPAT PILAR DARI RUMAH KEBANGSAAN


Undangan Ngobrol Bareng MPR RI


Sewaktu mendengar kabar MPR RI bakal menggelar acara ngobrol bareng netizen Balikpapan, saya agak gimana githu, walaupun antuasias banget karena bisa kumpul bareng lagi sama sahabat-sahabat blogger yang selalu bikin kangen. Kenapa agak-agak gimana githu, karena kata MPR deket banget disandingkan dengan kata politik. Sejak pilpres kemarin, saya semakin alergi dengan kata itu sebab sempat membikin saya stress dan merasa hopeless terhadap masa depan Indonesia 😅😅😅

But, my life must go on.


Saya tepikan agenda membaca twit-twit yang gaduh dan kembali fokus pada hal-hal yang membuat jiwa dan raga saya lebih sehat. Toh, di dunia nyata yang meski terbatas dari apa yang bisa saya lihat dan dengar, saya merasa hidup ini baik-baik saja. Kami, meskipun berbeda agama, suku, pilihan parpol, capres dsb dll, tetap saling sapa ketika bertemu. Di grup wa sebisa mungkin menjauhi perdebatan yang mengarah pada adu cepat left group atau unfollow.


Tamu dari Rumah Kebangsaan

Nah, ketika saya akhirnya diundang untuk menghadiri acara Ngobrol Bareng MPR RI yang diselenggarakan pada tanggal 7 Desember 2019 di Jade Room Quartz Office Tower Aston Balikpapan, saya datang tanpa harapan yang muluk-muluk tentang apapun nanti yang akan diperbincangkan di acara tersebut. Toh mengobrol berarti berbicara santai, layaknya bersama teman.

Seru bareng blogger Balikpapan (taken by oppo reno)

Dan... itulah yang terjadi.

Untuk menyebar luaskan visi MPR sebagai rumah kebangsaan, penjaga ideologi pancasila dan kedaulatan rakyat, majelis rakyat ini berusaha untuk lebih melekatkan empat pilar kebangsaan, yaitu:

1. Pancasila sebagai dasar negara
2. UUD Negara Republik Indonesia 1945 sebagai konstitusi negara
3. Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara
4. Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara

Seperti yang disampaikan oleh kesekretariatann Kepala Bagian PDSI Sekretariat Jenderal MPR RI Bapak Slamet, Kepala Biro Humas Setjen MPR RI Ibu Siti Fauziah, lembaga negara ini merengkuh berbagai cara, baik dengan kegiatan di dunia nyata dan di dunia maya. Salah satunya ngobrol bareng dengan netizen. Dimana diharapkan para netizen dapat menambah jumlah konten-konten positif yang mencerahkan masyarakat yang menjadikan internet sebagai sumber untuk mendapatkan informasi.

Obrolan santai yang dipandu oleh Mira Nurfahlia Sahid ini juga mengulik tentang keberadaan Blogger Balikpapan yang tepat berulang tahun pada tanggal 9 Desember. Bambang Herlandi selaku ketua Blogger Balikpapan menyampaikan bahwa netizen Balikpapan cukup arif dan bijaksana dalam berinternet. Beliau juga mewakili para blogger yang merasa tersanjung sebab MPR RI menjatuhkan pilihan pada kota Balikpapan sehingga kami dapat menerima pengetahuan dan informasi yang mencerahkan langsung dari sumbernya.

Tak disangka kegiatan yang semula saya kira bakalan 'berat', malah berakhir tanpa terasa, padahal undangan yang datang masih memiliki pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan jawaban.

Ah, mungkin tahun depan ketika lembaga tertinggi negara ini akan datang lagi dengan konsep yang berbeda.



Kita tunggu saja undangan berikutnya, ya, gaessss.... 😀😀😀

1 komentar:

  1. aacaranya bagus nih! keren keren.. kalau saya ikut ini mau mengulas MPR sampai habis peran ke masyarakatnya gmna sampai ke tangan masyarakat sendiri heehe

    BalasHapus